KAPAN SAATNYA UNTUK MELAKUKAN PEMINDAIAN PET/CT SCAN.         

  1. Ketika ada kecurigaan kanker atau penyakit yang tidak diketahui, baik dari gejala klinis ataupun dari pengujian laboratorium. Baik juga untuk demam yang tidak jelas sumbernya.
  2. Sebelum perawatan kanker dimulai, PET/CT sangat berguna untuk menentukan dasar perbandingan yang akan datang, dan untuk penentuan tingkatnya. Sangat sering terjadi, PET/CT merubah tingkatan yang sudah diberikan pada teknik penggambaran lain (tingkat yang lebih tinggi maupun rendah).
  3. Sesudah perawatan, PET/CT dapat memutuskan apakah perawatan yang dilakukan sudah efektif. Untuk perawatan yang membutuhkan waktu yang lebih lama (kemoterapi, radioterapi), PET/CT dapat memberikan indikasi keefektipannya ketika sebagian sudah diberikan. Resim perawatan dapat berubah jika PET/CT tidak menunjukkan perkembangan selama tahap awal perawatan. Sekarang ini, PET/CT sudah memegang peran besar dalam percobaan obat-obatan baru untuk kanker.
  4. Ketika perawatan sudah efektif, keadaan kambuh pada kanker merupakan hal yang biasa terjadi, jadi PET/CT yang teratur akan mampu untuk mendeteksi lebih dini jika terjadi keadaan kambuh. Jadwal yang akan dilakukan adalah melakukan pemindaian pertama secara teratur setiap setengah tahun, dan jika normal, dilanjutkan dengan pemindaian tahunan.
  5. 5. PET/CT juga baik untuk hampir semua jenis kanker. Akan tetapi, untuk kanker hati (hepatocellular) dan kanker ginjal (renal cell carcinomas), kanker prostat, dan neuroendocrine cancer (kanker kulit), hanya tingkat yang lebih tinggi yang terdeteksi, karena tingkat yang lebih rendah tidak begitu aktif, tetapi ketika mereka telah metastatis, mereka biasanya dapat ditemukan. Untuk kanker selaput lendir (mucinous cancer) yang langka, maka akan lebih sulit untuk terlihat. PET/CT sangat baik untuk lymphomas (kanker kelenjar getah bening) (Hodgkin dan non-Hodgkin) kecuali untuk beberapa tingkat NHL yang lebih rendah. PET/CT secara khusus baik untuk penyebaran di tulang, dan akan menggantikan Pemindaian Tulang yang sudah dikenal.
  6. 6. Karena biaya PET/CT seluruh badan saat ini sama ataupun lebih rendah dari MRI atau CT seluruh badan, dan radiasi yang diterima tidak lebih dari CT scan normal, maka seharusnya menggantikan MRI atau CT untuk diagnosa dan penanganan kanker. Radiasi PET/CT rendah karena CT yang digunakan dalam dosis rendah, dan glukosa radiasi memiliki umur paruh radioaktif yang lebih pendek.